• December 13, 2023

Chandra Asri Petrochemical Raih Investasi USD194 Juta dari EGCO Group Thailand

Jakarta – PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (TPIA) sebagai salah satu emiten kimia dan solusi infrastruktur di Indonesia, mengumumkan bahwa telah meraih investasi sebesar USD194 juta dari Electric Generating Public Company Limited atau EGCO Group (EGCO).

Setelah menyelesaikan proses transaksi, EGCO sebagai produsen independen di Thailand akan memiliki 30 persen saham di anak perusahaan Chandra Asri Group, yaitu PT Chandra Daya Investasi (CDI) yang didedikasikan untuk solusi infrastruktur.

Presiden Direktur Chandra Asri Group, Erwin Ciputra, menyambut baik bergabungnya EGCO sebagai mitra pertumbuhan baru untuk menciptakan sinergi yang tidak hanya akan meningkatkan efisiensi operasional, tetapi juga berkontribusi pada masa depan yang lebih berkelanjutan.

Baca juga: Begini Cara Kimia Farma Genjot Program TJSL BUMN

“Dengan memanfaatkan kekuatan, kami yakin kolaborasi ini akan membawa perubahan positif dalam lanskap infrastruktur di Indonesia. Kami juga berterima kasih atas dukungan terus-menerus dari para pemegang saham, investor, dan pemangku kepentingan lainnya untuk menjadikan transaksi ini sebagai sebuah keberhasilan yang gemilang dan luar biasa,” ucap Erwin dalam keterangan resmi dikutip, 13 Desember 2023.

Di sisi lain, Chandra Asri Group akan terus mempertahankan mayoritas saham sebesar 70 persen di CDI, di mana dana bersih yang diperoleh akan digunakan untuk pengembangan bisnis infrastruktur Chandra Asri Group dan EGCO yang meliputi energi, air, dan fasilitas pelabuhan.

CEO EGCO Group, Thepparat Theppitak, menegaskan bahwa, investasi baru tersebut selaras dengan tujuan-tujuan strategis EGCO Group untuk mengakuisisi fasilitas pembangkit listrik berbahan bakar gas berkualitas tinggi dan menguntungkan.

“Investasi ini akan membantu memperkuat bisnis pembangkit listrik kami dan memperluas bisnis bahan bakar serta infrastruktur lainnya di ASEAN. Kolaborasi ini juga memungkinkan EGCO untuk berintegrasi dengan lancar ke pasar yang menjanjikan di Indonesia dengan potensi ekspansi lebih lanjut di Asia Tenggara, sekaligus mempertahankan kemitraan jangka panjang antara EGCO dan Chandra Asri Group,” ujar Thepparat dalam kesempatan yang sama.

Baca juga: Perkuat Hilirisasi, Chandra Asri (TPIA) Gandeng BRI Fasilitasi Pembiayaan Pelanggan Polimer

Adapun, EGCO Group terseleksi sebagai mitra pilihan Chandra Asri Group untuk mendukung pertumbuhan eksponensial bisnis infrastruktur Chandra Asri Group, setelah melalui proses seleksi investor strategis yang kuat dan komprehensif.

Kolaborasi tersebut menandai tonggak sejarah penting bagi kedua perusahaan, menggabungkan keahlian Chandra Asri Group di sektor kimia dan infrastruktur dengan kemahiran EGCO di bidang solusi ketenagalistrikan dan energi. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *